YUK BELAJAR BAHASA SASAK


Bahasa Sasak dipakai oleh masyarakat Pulau Lombok, propinsi Nusa Tenggara Barat. Bahasa ini mempunyai gradasi sebagaimana Bahasa Bali dan Bahasa Jawa. Bahasa Sasak mirip dan serumpun dengan Bahasa Bali.
Bahasa Sasak mempunyai dialek-dialek yang berbeda menurut wilayah, bahkan dialek di kawasan Lombok Timur kerap sukar dipahami oleh para penutur Sasak lainnya.
Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa yang tersebar di berbagai wilayah indonesia yg berpencar. Pergaulan memungkinkan lintas suku di tunjang perkembangan teknologi informatika.orang akan lebih sukses kalo memiliki kemampuan adaptasi yg cepat dengan lingkungannya. Tanpa mengecilkan arti bahasa indonesia,Akan menjadi lebih nyambung,akrab dan erat apabila kita bisa berinteraksi menggunakan bahasa ibu dari teman bergaul.ini ada sedikit catatan kecil bahasa lombok hasil “pergumulan” aq dengan warga lombok terutama dengan istri dan keluarga.

Tiang lek te = saya disini
side lek te = kamu disini
nie lek te = dia disini
ite lek te = kami disini
Tiang lek to =saya disana
side lek to = kamu disana
nie lek to = dia disana
ite lek to = kami disana
Tiang ngomeh =saya ngomel
Side ngomeh = kamu ngomel
nie ngomeh = dia ngomel
ite ngomeh = kami ngomel
Tiang lenge = saya jelek
side lenge = kamu jelek
nie lenge = dia jelek
ite lenge = kami jelek
tiang sili =saya marah
side sili =kamu marah
nie sili =dia marah
ite sili =kami marah
tiang begawean =saya kerja
side begawean =kamu kerja
nie begawean =dia kerja
ite begawean =kami kerja
Tiang bedengah = saya mendengar
 
side bedengah = kamu mendengar
nie bedengah = dia mendengar
ite bedengah = kami mendengar
tiang begitak =saya melihat
side begitak =kamu melihat
nie begitak =dia melihat
ite begitak =kami melihat
tiang mangan =saya makan
side mangan =kamu makan
nie mangan =dia makan
ite mangan =kami makan
tiang nginem =saya minum
side nginem =kamu minum
nie nginem = dia minum
ite nginem = kami minum

Kata Ganti Orang                                  Keterangan Tempat 
  • kamu : side                                           atas  : atas
  • dia : nie                                                bawah : bawak
  • kami : ite                                               disini : lek te
  • saya : tiang                                           disana : lek to
Kata Tanya
  • Kapan : piran
  • bagaimana : berembe
  • kenapa : kembe’
  • siapa : sei
  • dimana : le’embe
  • kemana : jok embe’
  • dari mana : olek mbe’
Nasarudin Andesmarta