Proposal Pekan Milad Fossik – UIIS


PROPOSAL
PEKAN MILAD FOSSIK – UIIS
( Forum Silaturahim Studi Islam Kampus – Universitas Islam Indonesia Sudan)
 “Mengembalikan Citra Islam dalam Mega Proyek Peradaban Umat ”

MUQADDIMAH
Islam adalah agama yang agung dan tidak ada yang bisa menandingi keagungannya. Hal ini tampak ketika kita menengok kembali ke belakang, maka kita akan mengetahui bagaimana umat Islam ketika 14 abad yang lalu. Bagaimana umat Islam ketika dipimpin langsung oleh pembawanya. Bagaimana umat Islam dipimpin oleh Khulafaur Rosyidin dan para tabiin. Sehingga pada masa itu umat Islam merupakan pusat peradaban dan dari situlah muncul berbagai macam keilmuan, bidang kemiliteran, kesusastraan dan masih banyak lagi yang lain. Pada saat yang sama Bangsa Eropa mengalami kegelapan dalam pengetahuan, mereka mengalami keterbelakangan, sehingga tak heran kalau banyak orang-orang Eropa berbondong-bondong menuju ke negara Islam yang ketika itu masih berpusat di Baghdad untuk menuntut ilmu. Hal itu menunjukkan betapa umat Islam mampu merubah keterbelakangan menjadi peradaban yang mempunyai nilai tinggi.

Akan tetapi kalau kita melihat realita sekarang ini, maka Islam saat ini sangat bertolak belakang dengan Islam pada masa kejayaannya. Umat Islam sekarang ini telah dijadikan sebagai kambing hitam, Islam diidentikkan dengan kekerasan, Islam diidentikkan dengan terorisme, radikalisme dan masih banyak lagi sandangan yang lain. Sedangkan umat Islam diidentikkan dengan umat yang terbelakang, umat yang kolot, umat yang tidak bisa maju karena saat ini yang menjadi super power adalah orang-orang barat yang selalu menghendaki kehancuran bagi Islam.

Untuk itulah FOSSIK- UIIS (Forum Silaturraahim Studi Islam Kampus-Universitas Islam Indonesia-Sudan) berusaha untuk mengembalikan citra Islam yang sebenarnya. Islam yang rahmatan lil’alamin. Islam yang berlaku sepanjang zaman yang tidak akan termakan oleh waktu. Dengan demikian diharapkan umat Islam terutama pemuda Islam menyadari akan keberadaannya untuk menegakkan Islam di persada bumi ini.

LANDASAN PEMIKIRAN
1. Q.S. Ali Imron : 104
“ Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.”

2. Q.S. Al-Hujuraat : 10
“ Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlaah antara kedua saudaramu dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat.”

3. Q.S. Ash-Shaff : 4
 “ Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan –Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang kokoh.”

4. Q.S. Al-Anfal : 46
 “ Janganlah kalian berselisih, karena kalian akan menjadi lemah dan hilang kekuatan kalian dan bersabarlah, sesungguhnya Allah selalu bersama orang-orang yang sabar.”

5. Sabda Rasulullah SAW
“ Tangan Allah di atas jama’ah” (Al-Hadits)

6. Perkataan Ali r.a.
 “ Kebenaran yang tidak terorganisir akan dikalahkan oleh kebathilan yang terorganisir.”

TUJUAN
1. Sosialisasi FOSSIK UIIS kepada civitas akademika UIIS Malang.

2. Open Rekruitment anggota FOSSIK UIIS Malang.
3. Membangun wacana keIslaman dan keintelektualan.
4. Menjalin silaturrahim antar elemen kekuatan umat Islam untuk memperkuat ukhuwah menuju ummatan wahidah.
5. Reaktualisasi visi dan misi FOSSIK UIIS sebagai sarana akselerasi pertumbuhan dan profesionalisme studi Islam di kampus UIIS Malang.

PESERTA
1. Seluruh civitas akademika UIIS Malang.
2. Mahasiswa se-Malang dan sekitarnya.
3. Masyarakat Umum
NAMA DAN TEMA KEGIATAN
Nama : Pekan Milad Forum Silaturrahim Studi Islam Kampus Universitas
Islam Indonesia Sudan Malang.
Tema : “Mengembalikan Citra Islam dalam Mega Proyek Peradaban Umat”

BENTUK KEGIATAN
1. Seminar Regional kerja sama dengan LM3 (Lembaga Masyarakat Madani Malang)
2. Talk Show “REVOLUSI BELAJAR”
3. TA’SIF (Ta’aruf Singkat FOSSIK)
4. Bazar dan Book Fair
5. Bedah VCD HARUN YAHYA “Keajaiban Al Qur’an”
6. Khotmil Qur’an

PEMBICARA
1. Prof. Dr. Muhajir Efendi
2. Dr. Syaifullah, M. Hum
Moderator : M. Danial Nafis, SE

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Hari / Tanggal : Rabu – Sabtu, 19 – 22 Sya’ban 1424 H
15 – 18 Oktober 2003 M
Waktu : 08.00 – 16.00 BBWI
Tempat : 1. Hotel Pelangi II Malang
2. Student Center UIIS Malang
3. Masjid At Tarbiyyah UIIS Malang

PELAKSANA
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Forum Silaturrahim Studi Islam Kampus Universitas Islam Indonesia Sudan Malang.

SUSUNAN PANITIA
Terlampir (Lampiran 1)

ANGGARAN DANA
Terlampir (Lampiran 2)

SUSUNAN ACARA
Terlampir (Lampiran 3)

PENUTUP
Demikian proposal kegiatan ini dibuat sebagai upaya mempererat tali silaturrahim dan jalinan ukhuwah di dalam menjawab berbagai tantangan dunia global. Semoga Allah meridhoi kegiatan ini dan menjadikannya sebagai nilai ibadah. Besar harapan kami agar proposal ini dapat dijadikan pertimbangan oleh pihak terkait untuk dapat memberikan dukungan, bantuan serta kerjasamanya demi suksesnya kegiatan ini.

Malang, 01 Sya’ban 1424 H

27 September 2003 M