Pendapat Orientalis Tentang Sunnah




Pendapat Orientalis Tentang Sunnah
1. Menurut Schacht "konotasi sunnah dalam masyarakat Islam pada masa-masa awal adalah the customary or generally agreed practiced (hal-hal yang sudah menjadi tradisi atau perbuatan yang telah disepakati secara umum/telah memasyarakat)
2. Menurut Schacht, sebagaimana yang dikutip oleh Ali Mustafa Yaqub dari buku The Origin Of Muhammadan Jurisprudence karya Schacht , mengatakan "bagian terbesar dari sanad hadis adalah palsu. Semua orang mengetahui bahwa sanad pada mulanya muncul dalam bentuk yang sangat sederhana, kemudian mencapai tingkat kesempurnaan pada paruh kedua dari abad ketiga hijrah
3. Menurut Goldziher, sebgaimana yang dikutip oleh Ali Mustafa Yaqub dari kitab Nadhrah 'Ammah fi Tarikh al-Fiqh al-Islam, mengatakan "bagian terbesar dari hadis tidak lain adalah hasil perkembangan Islam pada abad pertama dan kedua, baik dalam bidang keagamaan, politik, maupun sosial. Tidaklah benar pendapat yang mengatakan bahwa hadis merupakan dokumen Islam yang sudah ada sejak masa dini (masa pertumbuhan), melainkan adalah pengaruh perkembangan Islam pada masa kematangan.