TIPS: Cantik 24 jam penuh








TIPS: Cantik 24 Jam Penuh
Tidur berkualitas selama 7-9 jam
Akan membuat penampilan diri tambah cantik. Bila sulit untuk tidur, coba mandi atau berendam dalam air hangat selama 10 menit.
Tidur berkualitas merupakan faktor penting penampilan diri wanita, karena saat tidur adalah waktu yang pas untuk memperbaiki sistem setelah seharian penuh terpapar polusi, sinar UV, dan stres.
Pada dasarnya kulit terdiri dari jutaan sel yang berhaubungan dengan siklus sirkadian. Dari penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Investigative Dermatology, diketahui jika saat menutup mata untuk tidur, seluruh sel kulit membentuk jaringan baru.
Menurut Beth Malow, MD, direktur Vanderbilt Sleep Disorders Center di Nashville, AS, tidur berkualitas selama 7-9 jam akan membuat diri tambah cantik. Bila kesulitan tidur di malam hari, Malow menyarankan untuk mandi atau berendam dalam air hangat selama 10 menit.
"Ini akan membuat suhu tubuh kita menjadi lebih hangat dan mengajak kita untuk memejamkan mata," katanya seperti dikutip dari Prevention.
Selain tidur berkualitas, Beth Malow juga memaparkan beberapa langkah jitu untuk mempertahankan kecantikan selama 24 jam penuh, di antaranya adalah:
Mengemil dengan sehat untuk kelembutan kulit
Mengkonsumsi sebuah jeruk setiap hari akan menjauhkan wajah dari kerutan. Sebab, siapa saja yang mengonsumsi makanan kaya akan vitamin C, selain jeruk, pepaya, kacang merah, dan buah kiwi, akan memiliki kulit lebih halus.
Berdasarkan laporan American Journal of Clinical Nutrition, vitamin C adalah 'kunci' sukses produksi kolagen yang menjaga kekenyalan kulit.
Setidaknya hal ini diakui David E. Bank, MD, dermatologis, di New York . Bank merekomendasikan setidaknya setiap hari seseorang harus mengonsumsi 75 mg vitamin C dalam menu sehat. Jumlah itu sama dengan sebuah jeruk murni setiap harinya.
Tertawa untuk mengurangi jerawat
Pada saat tertawa, tubuh mengeluarkan hormon pemberi rasa bahagia atau kortisol yang oleh kulit digunakan sebagai tanda untuk mengeluarkan minyak pelindung kulit. Dan untuk menyempurnakan peran kortisol itu, seorang makeup artist dari New York , Emily Kate Waren, menyarankan untuk menggunakan lipstik berwarna natural. Cara ini akan membuat barisan gigi kita terlihat lebih putih bersinar saat menyunggingkan bibir.
"Lipstik berwarna natural meminimalisir warna kusam pada gigi," katanya.
Olahraga teratur
Menurut David Weeks, PhD, penulis buku Secrets of the Superyoung, olahraga teratur membuat sirkulasi darah lancar dan meningkatkan imunitas tubuh. Tidak hanya itu, dengan melakukan olahraga minimal tiga kali dalam sepekan saja akan menguatkan tulang-tulang tubuh.
"Bagi kulit, semua manfaat ini akan meningkatkan aliran darah pada pembuluh-pembuluh yang menempel di bawah kulit. Ini artinya, pintu utama untuk pembentukan sel kulit baru," katanya.
Manfaat lain yang terlihat dari olahraga teratur adalah terlihatnya wajah lebih muda 5-8 tahun.
Lakukan yoga untuk rambut lebih berkilau
Kabarnya gerakan yoga yang membuat seluruh tubuh lentur akan menstimulasi gerak sel-sel tubuh dalam mengantarkan nutrisi.
Seperti diungkapkan Carol B. Espel, seorang exercise physiologist dari Equinox Fitness Club, menyebutkan gerakan yoga va-va-voom yang membungkukkan badan seraya meletakkan kedua tangan di lantai, membuat posisi kepala berada di bawah jantung, membuat oksigen masuk dengan cepat ke kepala kita dan akan menstimulasi folikel kepala untuk menumbuhkan rambut baru.
Sementara itu, Philip Kingsley, ahli kulit kepala dan rambut, menyarankan kita melengkapi latihan yoga dengan sarapan yang kaya akan protein, seperti tiga butir telur.