SOSIOLOGI PENDIDIKAN


SOSIOLOGI PENDIDIKAN

proses sosiologi

E.Evertt M.kogers dalam bukunya social change in ruqal societies: mengatakan bahwa peruses social adalah suatu proses dimana kepribadian individu dibentuk melalui transimisi (pemindahan) budaya terhadap individu tersebut

Thomas ford hout: mengatakan bahwa proses sosialisasi adalah proses belajar individu untuk bertingkah laku sesuai dengan standar yang terdapat dalam kebudayaan masyarakat.

Interaksi social


Gillin ……. Dalam bukunya cultural sociology interaksi social adalah-hubungan social yang dinamis yamg menyangkut hubungan perorangan, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia.

H. Bunner dalam bukunya social psychology mengemukakan bahwa interaksi social adalah suatu hubungan antara dua atau lebih individu manusia,, dimana sikap, sifat individu mempengaruhi, mengubah memperbaiki prilaku individu lain dan sebaliknya.

sosialisasi


parsons mengemukakan bahwa realitas sebagai suatu system social. Dimana kaitan-kaitannya berkaitan dengan keseluruhannya dan dijelaskan berdasarkan fungsi system bagi keseluruhan.

G.H. Mead, mengemukakan: sosialisasi adalah dalam peruses sosialisasi, individu mengadopsi kebiasaan sikap dan ide-ide dari orang lain dan menyusunnya kembali sebagai suatu system dalam diri pribadi.